• Usaha Limbah Plastik – Menggeliatnya Usaha Limbah Plastik

    Posted on August 12, 2013 by in plastik daur ulang

    Usaha limbah plastik semakin berkembang dari hari ke hari. Usaha limbah plastik ini bisa bisa berawal dari industri rumahan sampai industri skala besar. Hal ini menjadi sangat wajar karena hampir semua jenis limbah plastik (sebesar 80%) bisa diproses kembali menjadi barang baru yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Selain itu, ada juga limbah plastic yang harus dicampur dengan bahan baku baru untuk bisa meningkatkan kualitas barang baru yang dihasilkan. Nah untuk Anda yang ingin menekuni dunia daur ulang sampah dan usahanya, berikut ini beberapa jenis limbah plastic yang terkenal dan laku di pasaran, baik nasional maupun Internasional:

    Usaha limbah plastik

    • Polietilena (PE). Bahan plastic yang satu ini tahan terhadap asam, air, alkali dan semua jenis cairan. Produknya antara lain plastic pembungkus minuman, makanan, jus, botol antipecah, tirai plastic (tirai pada shower), ember, pipa, penyekat kabel atau kawat dan gelas.
    • High Density Polyethylene (HDPE). Jenis plastic yang satu ini juga tahan atau resisten terhadap berbagai zat cair. Plastic jenis ini biasanya digunakan untuk kemasan detergen, melamin (gelas dan piring melamin), tangki bahan bakar kendaraan, kemasan susu dari karton, tempat makan plastic, kantong plastic serta pipa air.
    • Polipropilenia (PP). Usaha limbah plastik juga bisa dimulai dengan bahan ini, yaitu produk-produk yang terbuat dari fiber glass.

    Untuk mengelola limbah plastik, ada beberapa prinsip yang harus Anda penuhi, antara lain:

    • Reduce (mengurangi). Yang dimaksud dengan mengurangi adalah dengan meminimalisir penggunaan suatu barang atau produk karena semakin banyak kita menggunakan suatu material tersebut maka semakin banyak pula sampah yang akan dihasilkan. Misalnya penggunaan kantong plastik. Jika setiap hari kita menggunakan kantong plastic saat berbelanja, maka sampah yang mengumpul juga semakin banyak. Untuk itu, mulailah dengan membiasakan diri untuk menggunakan kantong belanjaan yang bisa digunakan berkali-kali dan ramah lingkungan, misalnya kantong belanja dari anyaman daun pandan, dan lain sebagainya.
    • Reuse (menggunakan kembali). Usaha limbah plastik tetap akan bertahan walaupun masyarakat luas mulai menerapkan pola hidup reuse. Yang dimaksud adalah mulai menggunakan barang-barang yang bisa digunakan kembali dan menghindari penggunaan barang-barang yang sekali pakai (disposable). Misalnya dengan mengisi ulang bekas botol air mineral, dan lain sebagainya.
    • Recycle (mendaur ulang). Memang tidak semua barang dan material bisa didaur ulang, tetapi setidaknya Anda harus memilih barang-barang apa yang sudah tidak Anda pakai dan bisa didaur ulang.
    • Replace (mengganti). Artinya, kita harus teliti terhadap barang-barang yang kita pakai setiap hari. Kita sebaiknya bijak memilih barang yang bisa dipakai berulang kali daripada memilih barang yang hanya sekali pakai. Misalnya dengan mengganti kantong belanja dengan keranjang, menggunakan kotak makanan daripada Styrofoam untuk membawa makanan, dan lain sebagainya.

    Semoga bermanfaat untuk kehidupan kita dan lingkungan sekitar.