• Sampah Plastik Daur Ulang – Mengolah Sampah Plastik dengan Metode Recycle (Daur Ulang)

    Posted on July 31, 2013 by in plastik daur ulang

    Sampah plastik daur ulang semakin bertambah dengan bertambahnya tingkat konsumsi dan aktivitas lain yang dilakukan. Sampah plastik daur ulang sering juga disebut dengan limbah domestic. Limbah inilah yang menjadi permasalahan di lingkungan karena bahaya, kualitas dan kuantitasnya yang semakin berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup. Selain kehidupan sehari-hari, aktivitas industri juga berpengaruh dalam menumpuk limbah plastik yang ada di lingkungan sekitarnya. Karena berbagai macam industry pasti menghasilkan limbah yang kemudian dibuang langsung ke lingkungan sekitar. Hal inilah yang menciptakan terjadinya pencemaran lingkungan.

    Sampah plastik daur ulangLimbah merupakan buangan yang dihasilkan oleh proses tertentu, baik aktivitas domestic (rumah tangga) maupun industry. Kehadiran limbah sangat tidak diinginkan dimanapun karena tidak mempunyai nilai ekonomis. Secara umum, limbah sendiri dibagi menjadi dua bentuk, yaitu padat dan cair. Dalam siklus lingkungan hidup atau ekologi, limbah juga dihasilkan oleh alam itu sendiri. Tetapi bedanya, limbah yang dihasilkan oleh alam masih bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup yang lain. Sedangkan limbah yang berasal dari industry atau domestic sudah tidak bisa diuraikan sendiri oleh alam untuk kemudian dimanfaatkan oleh makhluk hidup yang lain. Prinsip tentang limbah yang dihasilkan oleh alam ini disebut juga dengan prinsip Ekosistem (ekologi sistem) yang mana makhluk hidup yang ada di dalam sebuah rantai pasok makanan akan menerima limbah sebagai bahan baku baru.

    Sampah plastik daur ulang terdiri dari bermacam-macam jenis. Karena plastic sendiri mewakili ribuan bahan yang juga berbeda secara mekanis, fisis dan juga kimia. Sejatinya plastik itu sendiri bisa dibagi menjadi 2 golongan utama, antara lain:

    • Plastik yang bersifat thermoplastic. Plastic jenis ini bisa dbentuk kembali dengan mudah atau bisa dengan mudah juga diproses untuk menjadi bentuk yang lain.
    • Plastik yang bersifat thermoset. Plastic jenis ini jika sudah mengeras sudah tidak bisa lagi dibentuk menjadi bentuk atau benda lain.

    Plastic yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari merupakan jenis plastic yang bersifat thermoplastic. Sampah plastik daur ulang yang biasa dibentuk dengan berbagai bentuk baru dan produk baru berasal dari jenis sampah thermoplastic ini.