• Proses Daur Ulang Plastik – Berbagai Proses dan Hasil Daur Ulang Plastik dan Kompos

    Posted on August 12, 2013 by in plastik daur ulang

    Proses daur ulang plastik tidak membutuhkan banyak usaha dan modal. Setiap orang bisa melakukan proses daur ulang plastik baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk usaha. Tetapi sebelum Anda mulai memulai proses daur ulang, Anda juga harus mengerti tentang beberapa jenis limbah yang mempunyai kandungan bahan yang berbahaya dan beracun. Bahan-bahan yang berbahaya ini antara lain oli bekas, obat nyamuk atau pestisida, batu baterai, sisa tinta, dan lain sebagainya. Jika Anda membuang limbah ini ke dalam tanah, maka racun akan menyebar dan mencemari air serta tanah serta tanaman yang ada di sekitarnya. Untuk itulah Anda harus memisahkannya dari jenis sampah yang lain.

    Proses daur ulang plastikSelain mendaur ulang sampah plastik, Anda juga bisa membuat kompos rumah tangga. Prinsip pengomposan rumah tangga ini mengandung bahan organic lebih dari 75%. Yang Anda perlu ingat adalah bahwa proses pengomposan ini bisa disesuaikan dengan jumlah ketersediaan bahan baku. Karena untuk membuat kompos dari bahan rumah tangga, Anda tentu saja harus mengumpulkannya setiap hari sedikit demi sedikit. Secara alamiah, proses seperti ini sudah terjadi di hutan sejak ribuan tahun yang lalu, dimana sisa-sisa organik berjatuhan ke tanah selapis demi selapis sampai akhirnya tersedia dalam jumlah yang banyak.

    Proses daur ulang plastik dan kompos yang dilakukan di pekarangan rumah membutuhkan 2 jenis wadah:

    • Wadah berukuran besar yang digunakan untuk menampung bahan baku dan tempat terjadinya proses pengomposan. Wadah ini bisa juga disebut sebagai “komposter”. Untuk penyimpanan, Anda bisa menyimpannya di pekarangan yang teduh.
    • Wadah kecil, yaitu berupa ember plastic kecil yang bertutup. Wadah ini berfugsi sebagai tempat penampungan sementara untuk sisa organic dapur.

    Untuk membuat kompos, alat komposter yang paling direkomendasikan karena aman dan praktis adalah STU Campbell. Komposter ini terbuat dari bahan drum bekas 200 liter yang dinding atasnya dibuang dan bagian tengah dinding bawahnya dilobangi. Lobang pada dinding bawah ini kemudian dimasuki pipa PVC 3-4 inci yang berfungsi sebagai drainase. Kemudian jarak 5 cm dari pipa PVC dibuat lubang lagi di sepanjang empat sisinya. Untuk pemasangan, drum dipasang berdiri dan diberi ganjalan berupa 2-3 lapis batu bata. Pipa PVC dimasukkan ke dalam lubang dasar sampai menyentuh tanah sedangkan pada ujung atasnya menonjol ke atas drum lebih dari 10 cm. pipa PVC ini harus menembus tengah tutup tambahan yang bisa Anda buat dari bahan tripleks. Untuk penampuangan sisa organic kapur sementara, Anda bisa menggunakan ember kecil dari plastic yang mempunyai tutup dan diletakkan di dapur dalam keadaan tertutup.

    Proses daur ulang plastik dan kompos ini akan membantu Anda menyelamatkan lingkungan dari pencemaran dan kerusakan akibat sampah dan limbah yang semakin hari semakin bertambah. Manfaatkan cara ini untuk menyambung siklus daur ulang kehidupan yang ada di sekitar. Selamat mencoba.