• Plastik Limbah – Jenis Plastik untuk Didaur Ulang (Part 2)

    Posted on July 31, 2013 by in plastik daur ulang

    Plastik limbah memang bisa membahayakan kehidupan masyarakat luas karena dampaknya bagi lingkungan dan kesehatan. Plastik limbah seperti yang kita ketahui terdiri dari beragam jenis karena juga berasal dari beberapa jenis plastik itu sendiri. Melanjutkan apa yang sudah kita bahas tentang jenis plastik pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan memberikan informasi tentang jenis-jenis lain plastic yang beredar di masyarakat:

    Plastik limbah

    • #2 adalah HDPE, yaitu polyethylene densitas tinggi. Plastik ini merupakan jenis plastik serbaguna yang bisa didaur ulang. Jenis plastic yang kedua inibiasanya digunakan untuk membuat botol pemutih dan detergen, botol oli motor, botol jus, kotak sereal, kantong sampah, serta tempat mentega dan yoghurt. Berbagai jenis perlengkapan dari plastik jenis ini bisa didaur ulang menjadi container, botol, pipa drainase, lantai keramik, outdoor mebel dan kandang.
    • #3 adalah Vinyl/ PVC atau V atau bisa juga disebut dengan polyvinyl chloride yang tahan cuaca dan keras. PVC mempunyai kandungan khlor. Kandungan ini tergolong berbahaya dikarenakan dioxins diproduksi selama proses manufaktur. Plastik jenis ini digunakan untuk membuat botol minyak goreng dan detergen, kontainer, pipa saluran, jendela, bungkus makanan cerah dan kawat jacketing. Plastik limbah dari jenis ini biasanya didaur ulang untuk dijadikan lantai, mudflaps dan juga cabbles keset atau tikar, dan lain sebagainya.
    • #4 adalah LDPE adalah low density polyethylene. Jenis yang satu ini mempunyai banyak aplikasi dan biasanya digunakan untuk membuat tote bags dan botol. Hasil daur ulangnya berupa tong penyimpanan pupuk kompos, bil pesawat, dan lain sebagainya.
    • #5 adalah PPyaitu polypropylene yang biasanya didapatkan pada yoghurt container, tutup botol, sedotan dan botol saus. Jenis plastic yang satu ini mempunyai titik lebur yang tinggi dan bisa digunakan sebagai tempat untuk cairan panas. Jenis ini bisa didaur ulang menjadi wadah, kabel baterai, nampan dan tong.
    • #6 adalah PS yaitu polystyrene atau yang biasa disebut dengan Styrofoam. Walaupun banyak benda yang menggunakan jenis plastic yang satu ini, tetapi banyak pula para ahli yang menyebutkan bahwa polystyrene bisa melepaskan toksin ke dalam makanan. Biasanya bahan ini didaur ulang untuk membuat insulasi.
    • #7 adalah others atau polycarbonate. Jenis plastik yang satu ini biasa digunakan untuk membuat kacamata hitam, iPod, anti peluru, DVD dan gallon air. Walaupun plastik limbah jenis ini sulit untuk didaur ulang tetapi tetap bisa dilakukan.