• Plastik Daur Ulang – Menilik Keuntungan Bisnis Plastik Daur Ulang

    Posted on July 31, 2013 by in plastik daur ulang

    Plastik daur ulang merupakan salah satu peuang usaha yang mulai dilirik oleh banyak orang. Plastik daur ulang memang terbukti mampu memberikan keuntungan yang tinggi dan mempunyai prospek ke depan yang cukup cerah. Hal ini terbukti dengan semakin tingginya plastic daur ulang yang dipasok dari berbagai tengkulak plastik daur ulang di berbagai daerah di Indonesia. Jika Anda mulai tertarik untuk mengumpulkan plastic bekas untuk didaur ulang, sebaiknya Anda mulai sekarang mempersiapkan semuanya termasuk harga-harga yang ada di pasaran agar Anda tidak termakan harga palsu.

    Plastik daur ulangBiasanya untuk mengambil plastik daur ulang bekas dari air mineral dari pemulung barang bekas dihargai dengan Rp 3.500 per kg. Nah yang harus diingat dalam pemrosesannya adalah sebelum plastik bekas air mineral ini digiling, label atau merek yang menempel harus dihilangkan semuanya. Barulah setelah botol atau gelas bekas dari air mineral ini dilepas dari semua merek dan label kemudian dimasukkan ke dalam mesin penghancur. Jadi setelah bekas plastik ini digiing ke dalam mesin daur ulang, hasil yang akan didapat sudah bersih dan berupa potongan-potongan kecil. Agar plastik yang sudah didaur ulang ini tidak tercampur dengan kotoran lain, maka serpihan plastic daur ulang ini harus dicuci terlebih dahulu kemudian dijemur di bawah sinar matahri langsung yang panas. Kemudian serpihan plastic daur ulang yang sudah dijemur dan sudah kering ini dimasukkan ke dalam karung plastic untuk ditimbang. Dalam kondisi seperti ini, harga jualnya mencapai Rp 7.000,- per kg.

    Plastik daur ulang dalam lingkup dunia usaha ini dalam satu minggu bisa menghasilkan dan menjual plastic daur ulang sebanyak 10-25 kwintal ke pengepul utama. Kemudian pengepul utama ini akan mengirimkan produk ini langsung ke pabrik yang memproduksi plastic kemasan air mineral. Biasanya untuk pengiriman plastic daur ulang ini tidak dibatasi jumlahnya. Sedikit atau banyak plastic daur ulang yang dihasilkan tetap akan diterima oleh pabrik tersebut. Tetapi memang lebih banyak yang disetor akan lebih baik.

    Plastik daur ulang memang bisa diberdayakan dengan mudah karena cara mendapatkannya juga mudah. Masyarakat yang konsumtif dan belum bisa sepenuhnya sadar akan lingkungan hidup masih terus saja menggunakan perlengkapan yang terbuat dari bahan plastik. Ada tertarik untuk mencoba usaha ini?