• Daur Ulang Plastik Botol – Pemanfaatan Daur Ulang Plastik Botol

    Posted on July 31, 2013 by in plastik daur ulang

    Daur ulang plastik botol merupakan salah satu kreatifitas untuk memanfaatkan limbah agar tetap berguna bagi umat manusia dan mengurangi kerusakan lingkungan sekitar. Daur ulang plastik botol sudah menjadi industry yang kian berkembang pesat. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa jenis limbah plastic sebanyak 80% nya bisa diproses ulang menjadi batang baru, walaupun harus dilakukan dengan mencampurnya dengan bahan baku baru dan additive yang berguna untuk meningkatkan kualitas produk baru tersebut. Di pasaran sebenarnya terdapat 4 jenis limbah plastic yang paling laku dan paling popular, yaitu High Density Polythylene (HDPE), Polietilena (PE), asoi dan polipropilena (PP).

    Daur ulang plastik botolWalaupun di Indonesia sendiri sebagian besar plastik daur ulang masih dimanfaatkan untuk menciptakan produk baru yang kualitasnya lebih rendah, tetapi sudah patut diacungi jempol karena sudah bisa mengurangi dampak sampah bagi lingkungan. Dikatakan masih menghasilkan produk yang kualitasnya lebih rendah adalah karena Indonesia masih belum bisa embuat daur ulang limbah plastic ini menjadi bahan konstruksi. Fakta ini masih jauh tertinggal dari Italia dan Inggris pada tahun 1980-an yang sudah bisa menggunakan daur ulang limbah plastic menjadi tiang telepon untuk menggantikan tiang besi atau kayu. Swedia bahkan sudah bisa memanfaatkan daur ulang limbah plastic menjadi bangunan bertingkat karena teksturnya yang lebih kuat dan ringan.

    Daur ulang plastik botol dalam bidang komposisi kayu di Indonesia masih pada tahap penelitian saja. Di dalam wacana dan penelitian tersebut didapat 2 strategi untuk membuat komposisi kayu dengan pemanfaatan limbah plastic, antara lain:

    • Plastik dimanfaatkan menjadi binder dan kayu sebagai komponen utama.
    • Kayu dimanfaatkan sebagai bahan pengisi filler dan plastik menjadi matriksnya.

    Plastik polipropilena daur ulang juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti perekat thermoset untuk membuat papan partikel. Di dalam uji coba yang dilakukan, produk papan partikel yang menggunakan perekat dari daur ulang plastik ini mempunyai kekuatan mekanis yang tinggi dan stabilitas dimensi yang tinggi jika dibandingkan dengan papan partikel konvensional.

    Daur ulang plastik botol yang sangat digandrungi di Indonesia adalah daur ulang yang berbentuk kerajinan tangan cantik dan unik. Walaupun sederhana tetapi terkesan tidak murahan.