• Daur Ulang Plastik Bekas – Metode Daur Ulang Plastik Bekas

    Posted on August 2, 2013 by in plastik daur ulang

    Daur ulang plastik bekas mempunyai metodenya sendiri. Daur ulang plastik bekas biasanya dilakukan dengan dua metode atau cara, yaitu mengambil kalori dari bahan yang bisa dibakar guna membangkitkan listrik dan mengambil bahan sampahnya guna diproses lagi. Selain dua metode ini, sebenarnya mulai dikembangkan beberapa metode baru yang lain, antara lain:

    Daur ulang plastik bekas

    • Pengolahan kembali secara fisik. Metode ini adalah metode yang paling dipakai dan popular, yaitu dengan cara mengumpulkan dan menggunakan kembali sampah yang sudah dibuang. Beberapa jenis sampah yang menggunakan metode ini adalah botol kaca, kaleng baja makanan dan minuman, kardus, majalah, Koran, dan lain sebagainya.
    • Pengolahan biologis. Daur ulang plastik bekas dengan metode ini dilakukan untuk material sampah organic, seperti sisa makanan, kertas, zat tanaman, dan lain sebagainya. Daur ulangnya bisa disebut dengan metode pengomposan dimana bisa digunakan kembali menjadi gas methane dan pupuk.
    • Pemulihan energi. Kandungan energi yang ada pada sampah bisa diambil kembali dengan menjadikannya sebagai bahan bakar. Metode ini sering disebut dengan gasifikasi dan pirolisa yang merupakan dua bentuk perlakuan panas yang berhubungan. Di sini, sampah dipanaskan pada suhu tinggi dalam keadaan sedikit oksigen. Proses ini dilakukan dalam wadah tertutup dan pada tekanan tinggi. Pirolisa yang berasal dari sampah padat kemudian diubah menjadi produk berzat gas, padat dan cair. Setelah itu, produk cair dan gas inilah yang dibakar untuk bisa menghasilkan energi dan juga dimurnikan untuk menghasilkan produk lain. Padatan sisa kemudian dimurnikan kembali menjadi produk baru seperti karbon aktif. Setelah itu, gasifikasi busur plasma dan gasifikasi dimanfaatkan untuk mengkonversi material organic menjadi gas sintetis, yaitu campuran antara hydrogen dan karbon monoksida. Selanjutnya, gas ini dibakar guna menghasilkan uap dan listrik.

    Penghindaran dan pengurangan. Daur ulang plastik bekas dengan metode yang satu ini berarti mencegah zat sampah terbentuk atau yang biasa disebut dengan “pengurangan sampah”. Caranya adalah dengan memperbaiki barang-barang yang rusak, menggunakan barang-barang bekas pakai, mendesain ulang barang-barang bekas, mengurangi penggunaan barang sekali pakai, dan lain sebagainya.