• Daur Ulang Plastic – Manfaat Daur Ulang Plastic

    Posted on July 31, 2013 by in plastik daur ulang

    Daur ulang plastic merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengamankan lingkungan dari bahaya pencemaran limbah plastic. Daur ulang plastic yang tadinya hanya untuk melindungi lingkungan ternyata sekarang sudah mulai dimanfaatkan untuk meraih keuntungan yang tidak sedikit. Ketika kita berjalan ke tempat pembuangan sampah, pastinya kita mulai banyak melihat banyak pemulung yang mengais-ngais limbah plastic bukan? Untuk apa mereka melakukannya? Atau pernahkah Anda melihat pameran kerajinan dimana bahan bakunya terbuat dari bahan plastic?

    Daur ulang plasticLimbah plastic yang tadinya tidak bernilai menjadi sangat digemari oleh masyarakat ketika sudah diolah kembali. Inilah yang menjadi nilai jual limbah plastic. Para pemulung, pengepul dan pabrik-pabrik berlomba-lomba untuk mengumpulkan sampah plastic untuk kemudian didaur ulang. Setelah didaur ulang, plastik-plastik hasil daur ulang ini bisa dijual kembali dan dijadikan produk yang lebih menarik dan bermanfaat, seperti produk-produk kerajinan yang bernilai jual tinggi, kontainer, sedotan, tas, pipa dan lain sebagainya.

    Daur ulang plastic menjadi bisnis yang menguntungkan karena bahannya sangat mudah didapatkan. Di setiap rumah pastinya ada plastic yang dibuang dan itulah yang diambil oleh para pemulung. Harga plastic bekas pun terhitung murah yaitu sekitar Rp 3.500 per Kg. Dengan pengelolaan yang matang dan manajemen yang baik, maka bisnis daur ulang ini pun akan berkembang semakin pesat dan memberikan keuntungan yang tinggi bagi Anda sebagai pengusaha maupun bagi lingkungan. Karena lingkungan akan menjadi bersih tanpa tumpukan sampah plastic yang tidak bisa didaur ulang secara alami oleh alam.

    Daur ulang plastic memang merupakan kabar gembira untuk mereka yang ingin memulai bisnis di bidang ini dan untuk para pecinta lingkungan yang ingin selalu melihat lingkungan yang bersih dan sehat. Tetapi yang perlu diingat juga bahwa peran masyarakat luas juga sangat membantu. Perilaku masyarakat dalam memperlakukan sampah juga harus ditata. Masyarakat harus mampu melihat kode atau tanda yang ada di setiap produk plastic sebelum menggunakannya. Karena ada beberapa jenis plastic yang jika digunakan akan berbahaya bagi kesehatan, khususnya produk plastic yang digunakan sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman. Sebaiknya masyarakat mulai menyadari untuk tidak menggunakan plastic apapun di dalam microwave untuk menyimpan makanan dan minuman panas. Karena pembakaran plastic pada suhu rendah bisa membentuk senyawa dioksin yang akan menyebabkan kanker. Sebaiknya jika Anda ingin memasukkan makanan ke dalam microwave, gunakan gelas, pyrex atau keramik.