• Daur Ulang Limbah Plastik – Sumber Usaha dari Daur Ulang Limbah Plastik

    Posted on July 31, 2013 by in plastik daur ulang

    Daur ulang limbah plastik sudah menjadi salah satu alternatif usaha yang menggiurkan untuk dijalankan. Daur ulang limbah plastik mampu berjalan dengan maksimal karena plastik merupakan bahan pembungkus yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Masyarakat kita bahkan bisa dikatakan sudah sangat kecanduan plastik untuk kehidupan sehari-hari mereka. Mulai dari berbelanja, membungkus sesuatu, dan lain sebagainya selalu menggunakan plastik. Hal inilah yang membuat lingkungan menjadi terancam tercemar oleh banyaknya sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang secara alami. Memang bisa didaur ulang secara alami tetapi membutuhkan waktu sampai ratusan tahun agar bisa hancur sepenuhnya.

    Daur ulang limbah plastikSemangat go green memang selalu berkumandang tetapi efeknya tidak begitu kelihatan karena masyuarakat masih belum bisa terlepas dari plastik. Itulah mengapa industri penggilingan plastik masih menggeliat. Penggilingan sampah plastik adalah bagian penting dalam proses daur ulang plastik. Karena dari proses inilah nantinya sampah plastik bisa diubah menjadi produk baru yang lebih bermanfaat walaupun mungkin kualitasnya lebih rendah dari produk aslinya.

    Daur ulang limbah plastik ini dimulai dengan cara mengumpulkan plastik berupa gelas, botol atau lembaran plastik yang didapat dari para pemulung atau bisa dengan mencarinya sendiri. Sebagai informasi, permintaan akan plastik daur ulang saat ini sudah semakin tinggi. Karena bahan baku yang didapat juga sangat mudah dan harganya yang murah, maka industry penggilingan ini akan mengantarkan pelaku bisnis pemula pun bisa meningkatkan kapasitas industrinya secara signifikan.

    Untuk Anda yang ingin memulai usaha di bisang ini, sebaiknya Anda juga mengetahui bahwa tidak semua sampah plastik bisa didaur ulang dengan aman. Berikut ini beberapa jenis plastik yang tidak bisa didaur ulang dengan aman, antara lain jenis polystyrene (PS), polyvinyl chloride (PVC), acrylonitrile butadiene sturene (ABS), styrene acrylonitrile (SAN), nilon dan polycarbonate (PC).

    Daur ulang limbah plastik bisa dengan mudah dijalankan hanya dengan mengolah tiga jenis sampah plastik, antara lain polyethylene terephthalate (PET), polypropylene (PP) dan juga low density polyethylene (LDPE). PET dan LDPE bisa dijumpai dari botol infus dan botol plastik, sedangkan untuk PP berasal dari kemasan cup plastik.