• Cara Daur Ulang Plastik – Hubungan antara Perkembangan Teknologi dan Daur Ulang Plastik

    Posted on July 31, 2013 by in plastik daur ulang

    Cara daur ulang plastik sekarang ini sudah semakin modern dan ditunjang dengan berbagai macam teknologi. Cara daur ulang plastik sudah disesuaikan dengan jenis plastic atau jenis limbah plastik yang ada. Perkembangan teknologi membuat kebutuhan masyarakat akan plastik juga meningkat tajam. Bahkan data BPS pada tahun 1999 menunjukkan angka yang signifikan pada volume perdagangan plastik impor Indonesia yaitu sebesar 182.523,6 ton untuk polipropilena (PP). angka ini menunjukkan peningkatan 34,15% dari tahun 1995 yang menunjuk pada angka 136.122,7 ton.

    Cara daur ulang plastikAngka tersebut di atas tentunya akan terus meningkat setiap tahunnya karena kebutuhan masyarakat akan plastic dalam kehidupan sehari-harinya semakin meningkat. Bahkan untuk komposisi sampah atau limbah plastic yang dibuang oleh setiap rumah tangga mencapai 9,3% dari total sampah rumah tangga. Kemudian untuk pabrik industry di sekitar Jabodetabek saja rata-rata bisa menghasilkan 1 ton limbah plastik setiap minggu. Jumlah limbah plastic yang terus meningkat juga akan semakin menumpuk karena sifat plastic yang tidak bisa membusuk atau terurai secara alami. Limbah plastic tidak bisa berkarat maupun menyerap air. Itulah yang menyebabkan limbah ini akan menimbulkan banyak masalah untuk lingkungan hidup.

    Cara daur ulang plastik sebagai bahan anorganik buatan yang tersusun dari bahan-bahan kimia yang berbahaya ini juga tidak bisa dilakukan secara alami. Karena untuk proses secara alami saja membutuhkan waktu lebih dari 80 tahun untuk bisa sampai terdegradasi secara sempurna. Jadi, penggunaan plastic ini memang mempunyai dua sisi yang berlainan. Yaitu sebagai sahabat manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan juga konservatif bagi lingkungan jika digunakan melebihi batasan wajar. Masyarakat memang dihimbau untuk lebih bijak dalam menggunakan plastic untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya dengan membawa wadah sendiri ketika akan berbelanja di pasar atau supermarket (reuse). Dengan begitu, penggunaan plastik juga akan berkurang. Selain reuse, ada lagi metode untuk mengurangi tumpukan sampah plastic yaitu dengan metode reduce atau tidak langsung membuang plastic yang selesai digunakan. Atau untuk cara yang paling popular dan menguntungkan adalah dengan recycle atau mendaur ulang sampah.

    Cara daur ulang plastik adalah dengan memanfaatkan kembali bahan plastik yang sudah terpakai. Baik itu dengan cara dibuat menjadi benda baru dengan cara menghancurkannya terlebih dahulu atau dengan membuatnya menjadi produk baru dengan menghiasnya sedemikian rupa. Cara ini sudah mendunia dan sudah menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.