• Artikel Daur Ulang Sampah – Manfaat Penting Daur Ulang Sampah

    Posted on August 2, 2013 by in plastik daur ulang

    Artikel daur ulang sampah kali ini akan membahas tentang manfaat penting daur ulang itu sendiri. Artikel daur ulang sampah akan membahas tentang proses yang bisa menjadikan suatu bahan bekas menjadi suatu bahan baru yang lebih berharga, mengurangi polusi, mengurangi penggunaan energi, mengurangi kerusakan lahan serta emisi gas rumah kaca. Daur ulang sendiri merupakan salah satu strategi untuk mengelola sampah padat. Proses daur ulang ini sendiri terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain pemilahan, pengmpulan, pemrosesan, pendistribusian serta pembuatan material atau produk bekas pakai.

    Artikel daur ulang sampahTerdapat komponen utama dalam manajemen sampah modern, yaitu 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Adapun jenis-jenis sampah yang bisa didaur ulang adalah sampah plastik, kaca, logam, kertas, tekstil serta barang-barang elektronik. Untuk sampah organik tidak dimasukkan dalam kategori ini karena sampah organic bisa didegradasi oleh alam secara alami. Jadi secara garis besar, daur ulang itu sendiri merupakan proses yang dimulai dari pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan dan pemrosesan material baru yang kemudian dilanjutkan dengan proses produksi.

    Artikel daur ulang sampah kali ini juga akan menekankan pada material asal dan barang baru yang dihasilkan. Jadi, pada dasarnya, proses daur ulang ini harus menghasilkan barang atau produk yang mirip dengan produk aslinya dengan material yang sama. Misalnya kertas yang didaur ulang harus menghasilkan kertas daur ulang yang kualitasnya juga tidak di bawah bahan kertas sebelumnya (paling tidak kualitasnya harus sama); busa polistirena bekas juga harus menjadi polistirena yang mempunyai kualitas yang sama pula; dan lain sebagainya. Sebagai informasi, proses daur ulang ini bisa menghemat sampai 95% energi dan mengurangi polusi udara sampai 95%. Berikut ini beberapa material yang bisa didaur ulang:

    • Bahan bangunan. Bahan bangunan yang bisa dihancurkan dengan mesin penghancur dan bisa menghasilkan barang baru antara lain batu bata, aspal, tanah dan batu.
    • Baterai. Daur ulang bahan baterai memang relative lebih sulit karena banyaknya variasi dan ukuran baterai. Jika ingin mendaur ulang bahan ini, Anda harus mensortirnya terlebih dahulu karena masing-masing varian dan ukuran harus diproses dengan perhatian khusus.
    • Barang elektronik. Artikel daur ulang sampah kali ini tidak merekomendasikan untuk mendaur ulang computer dan handpone karena masih belum jelas perhitungan dan manfaat ekonominya. Bagian-bagian yang bisa didaur ulang biasanya adalah emas, baja, beji, silicon, dan lain sebagainya. Sedangkan bagian yang masih bisa dipakai antara lain processor, microchip, resistor, kabel, plastik, dan lain sebagainya.
    • Logam. Jenis logam yang paling banyak didaur ulang di dunia adalah baja dan besi karena hasilnya tidak mengurangi kualitas logam itu sendiri.